Jerawat adalah masalah besar bagi remaja pada umumnya. Wajah, punggung, dahi, belakang punggung dan bahu merupakan wilayah-wilayah tubuh yang banyak memunculkannya. Wilayah-wilayah tersebut terdiri atas bintik hitam, bintik putih, noda merah dan terkadang lubang atau benjolan. Jerawat biasanya menyebabkan remaja merasa malu dan celakanya hal ini menimpa 80 % remaja. Tekanan emosional, kelelahan dan kosmetik dapat memperburuk masalah jerawat.

Jerawat terjadi ketika kelenjar sebaceous (minyak) pada pori-pori kulit tertutup klit mati, bakteri dan minyak. Jika pori-pori tersumbat dan ters tertutup, tetapi menonjol dari kulit, maka akan terbentuk komedo. Jika pori-pori tersumbat dan terus terbuka, bagian atas akan mengitam dan membentuk bintik hitam. Kadang-kadang dinding pori terbuka. Hal ini menyebabkan minyak atau sebum, bakteri dan sel kulit mati masuk kedalam kulit, yang menyebabkan infeksi merah kecil yang disebut jerawat. Pori-pori tersumbat yang terbuka sangat dalam dikulit dapat menyebabkan kista, yang jadalah juga bentuk infeksi.

Jangn pernah memencet atau memecah jerawat karena akan menimbulkan noda diwajah. Lebih baik uahakan untuk tidak memegang-megang wajah karena dapat menyebarkan infeksi. Juga, jangan menutup jerawat dengan menggunakan plaster. Lebih baik, biarkan kulit terpapar udara segar. Beberapa organismeĀ  memang hidup dikulit, dan itu tidak mengapa. Pembersih antibacterial mungkin diperlukan untuk membersihkan kulit dengan lebih baik. Sebagianbesar orang kehilangan jerawatnya di usia 20-an. Selain itu, jika orang tua anda memiliki jerawat, kemungkinan anda juga akan memilikinya.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan jerawat anda, yaitu :

  1. Bersihkan dengan sabun lembut satuatau dua kali setiap harinya,
  2. Bersihkan sebelum tidur,
  3. Bersihkan lebih sering dimusim panas,
  4. Hindari sabun yang keras atau menggosok wajah keras-keras karena dapat menyebabkan iritasi,
  5. Hindari memberikan sesuatu yang berminyak pada kulit,
  6. Minum banyak air putih, memakan banyak buah-buahan dan sayuran untuk mempertahankan kulit yang sehat,
  7. Kurangi junk food dan makanan berlemak,
  8. Beberapa makanan dapat memperburuk jerawat seperti makanan asin, cokelat, kopi dan cabai,
  9. Hindari paparan matahari dalam waktu lama karena dapat merusak kulit,
  10. Bersihkan muka jika anda baru saja berolahraga dan banyak mengeluarkan keringat, jika anda bekerja yang membuat anda terkena minyak seperti di restaurant dan POM bensin.